Home » » PENGERTIAN KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM)

PENGERTIAN KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM)

Written By profitgoonline on Minggu, 09 Juni 2013 | 22.32

BAB I
PENGERTI AN KEARIFAN LOKAL (LOCAL WISDOM)

A.  Pendahuluan

Bab  ini  akan  mengarahkan  mahasiswa  pada  pengertian  kearifan  lokal. Sebelum  mahasiswa  mampu  menganalisis  eksistensi  maka  sudah  seharusnya mahasiswa  mampu  mengidentifikasi  pengertian  kearifan  lokal  sehingga  nantinya sudah  jelas  apa  hal  yang  harus  dikembangkan  dan  dikritisi  sebagai  tujuan  akhir pembelajaran mata kuliah ini.
Bab  ini  berhubungan  erat  dengan  materi  Filsafat  Nusantara  dan  Filsafat Kebudayaan  tetapi  kajian  kuliah  ini  lebih  ditekankan  pada  gagasan-gagasan khusus  yang  menjadi  kekhasan,  kepribadian,  jati  diri  bangsa,  yang  bernilai  luhur dan  senantiasa  ada  dalam  kehidupan  bangsa  dan  budaya  umumnya.  Mahasiswa dapat  memahami  pengertian  keari fan  lokal  dan  dapat  menunjukkannya  sebagai realitas yang ada dalam khasanah budaya.

Tujuan  Instruksional  Khusus:  Mahasiswa  memahami  pengertian  kearifan
lokal dan dapat menunjukkannya dalam dunia realitas budaya.

B.  Penyajian

1.  Pengertian Keari fan Lokal (local wisdom)
Dalam  pengertian  kamus,  kearifan  lokal  (local  wisdom)  terdiri  dari  dua kata:  kearifan  (wisdom)  dan  lokal  (local).  Dalam  Kamus  Inggris  Indonesia  John M.  Echols  dan  Hassan  Syadily,  local  berarti  setempat,  sedangkan  wisdom (kearifan)  sama  dengan  kebijaksanaan.  Secara  umum  maka  local  wisdom (kearifan setempat) dapat dipahami sebagai gagasan-gagasan setempat (local) yang  bersifat  bijaksana,  penuh  kearifan,  bernilai  baik,  yang  tertanam  dan diikuti oleh anggota masyarakatnya.
2.  Local Genius sebagai Local Wisdom
Dalam  disiplin  antropologi  dikenal  istilah  local  genius.  Local  genius  ini merupakan  istilah  yang  mula  pertama  dikenalkan  oleh  Quaritch  Wales.  Para antropolog  membahas  secara  panjang  lebar  pengertian  local  genius  ini  (lihat Ayatrohaedi,  1986).  Antara  lain  Haryati  Soebadio  mengatakan  bahwa  local
genius  adalah  juga  cultural  identity,  identitas/  kepribadian  budaya  bangsa  yang menyebabkan  bangsa  tersebut  mampu  menyerap  dan  mengolah  kebudayaan asing  sesuai  watak  dan  kemampuan  sendiri  (Ayatrohaedi,  1986:18-19).
Sementara  Moendardjito  (Ayatrohaedi,  1986:40-41)  mengatakan  bahwa  unsur budaya  daerah  potensial  sebagai  local  genius  karena  telah  teruji kemampuannya untuk bertahan sampai sekarang. Ciri-cirinya adalah:
-  Mampu bertahan terhadap budaya luar
-  Memiliki kemampuan mengakomodasi unsur-unsur budaya luar
-  Mempunyai  kemampuan  mengintegrasikan  unsur  budaya  luar  ke  dalam budaya asli
-  Mempunyai kemampuan mengendalikan
-  Mampu memberi arah path perkembangan budaya

I  Ketut  Gobyah  thiam  “Berpijak  pada  Kearifan  Lokal”  dalam http://www.balipos.co.id,  di  download  17/9/2003,  mengatakan  bahwa  kearifan lokal  (local  genius)  adalah  kebenaran  yang  telah  mentradisi  atau  ajeg  dalam suatu daerah. Kearifan lokal merupakan perpaduan antara nilai-nilai suci firman
Tuhan  dan  berbagai  nilai  yang  ada.  Kearifan  lokal  terbentuk  sebagai keunggulan  budaya  masyarakat  setempat  maupun  kondisi  geografis  dalam  arti luas.  Kerifan  lokal  merupakan  produk  budaya  masa  lalu  yang  patut  secara terus-menerus  dijadikan  pegangan  hidup.  Meskipun  nilai  lokal  tetapi  nilai  yang
terkandung di dalamnya dianggap sangat universal.

S.Swarsi Geriya  dalam “Menggali  Kearifan  Lokal untuk  Ajeg  Bali”  dalam lun,  http://wwwbalipos.co.id  mengatakan  bahwa  secara  konseptual,  kearifan lokal  dan  keunggulan  lokal merupakan  kebijaksanaan manusia  yang  bersandar pada  filosofi  nilai-nilai,  etika,  cara-cara  dan  perilaku  yang  melembaga  secara
tradisional. Keari fan lokal dengan demikian adalah nilai yang dianggap baik dan benar  sehingga  dapat  bertahan  dalam  waktu  yang  lama  dan  bahkan melembaga.
Dalam  penjelasan  tentang  ‘urf.  Pikiran  Rakyat  terbitan  6  Maret  2003 menjelaskan  bahwa  kearifan  berarti  ada  yang  memiliki  kearifan  (al-’addah  al-ma’rifah),  yang  dilawankan  dengan  al-’addah  al-jahiliyyah.  Kearifan  dadat dipahami  sebagai  segala  sesuatu  yang  didasari  pengetahuan  dan  diakui  akal
erta  dianggap  baik  oleh  ketentuan  agama.  Adat  kebiasaan  pada  dasarnya teruji  secara  alamiah  dan  niscaya  baik  karena merupakan  tindakan  social  yang berulang-ulang  dan  mengalami  penguatan  (reinforcement).  Pergerakan  secara alamiah  terjadi  secara  sukarela  karena  dianggap  baik  atau  mengandung kebaikan.  Adat  yang  tidak  baik  hanya  terjadi  apabila  terjadi  pemaksaan  oleh
penguasa.

3.  Contoh-Contoh dan Fungsi Kearifan Lokal

Menurut  Prof.  Nyoman  Sirtha  dalam  “Menggali  Kearifan  Lokal  untuk Ajeg  Bali”  dalam  http://www.balipos.co.id,  bentuk-bentuk  kearifan  lokal  dalam masyarakat  dapat  berupa:  nilai,  norma,  etika,  kepercayaan,  adat-istiadat, hukum  adat,  dan  aturan-aturan  khusus.  Oleh  karena  bentuknya  yang
bermacam-macam maka fungsinya tentu saja juga bermacam-macam.
Balipos terbitan 4 September 2003 memuat tulisan “Pola Perilaku Orang Bali  Merujuk  Unsur  Tradisi”  yang  antara  lain  memberikan  informasi  tentang fungsi dan makna kearifan lokal, yaitu:
-  Berfungsi untuk konservasi dan pelestarian sumber daya alam.
-  Berfungsi  untuk  pengembangan  sumber  daya  manusia,  misalnya  berkaitan dengan upacara daur hidup, konsep kanda pat rate.
-  Berfungsi  untuk  pengembangan  kebudayaan  dan  ilmu  pengetahuan, misalnya  path  upacara  saraswati,  kepercayaan  dan  pemujaan  path  pura Panji.
-  Berfungsi sebagai  petuah, kepercayaan, sastra dan pantangan.
-  Bermakna sosial misalnya upacara integrasi komunallkerabat.
-  Bermakna sosial, misalnya pada upacara daur pertanian.
-  Bermakna  etika  dan  moral,  yang  terwujud  dalam  upacara  Ngaben  dan penyucian roh leluhur.
-  Bermakna  politik,  misalnya  upacara  ngangkuk  merana  dan  kekuasaan patron client.

Elly  Burhainy  Faizal  (SP  Daily)  31  Oktober  2003  dalam http://www.papuaindependent.com  mencontohkan  beberapa  kekayaan  budaya, kearifan lokal di Nusantara yang terkai t dengan pemanfaatan alam yang pantas digali lebih lanjut  akna dan fungsinya serta kondisinya sekarang dan yang akan
datang. Kerifan lokal terdapat di beberapa daerah:
-  Papua,  terdapat  kepercayaan  te  aro  neweak  lako  (alam  adalah  aku).
Gunung  Erstberg  dan  Grasberg  dipercaya  sebagai  kepala  mama,  tanah dianggap  sebagai  bagian  dan  hidup  manusia.  Dengan  demikian  maka pemanfaatan sumber daya alam secara hati-hati.
-  Serawai,  Bengkulu,  terdapat  keyakinan  celako  kumali.  Kelestarian lingkungan  terwujud  dan  kuatnya  keyakinan  ini  yaitu  tata  nilai  tabu  dalam berladang dan tradisi tanam tanjak.
-  Dayak  Kenyah,  Kalimantan  Timur,  terdapat  tradisi  tana’   ulen.  Kawasan hutan  dikuasai  dan  menjadi  milik  masyarakat  adat.  Pengelolaan  tanah diatur dan dilindungi oleh aturan adat.
-  Masyarakat  Undau  Mau,  Kalimantan  Barat.  Masyarakat  mi mengembangkan  kearifan  lingkungan  dalam  pola  penataan  ruang pemukiman,  dengan  mengklasifikasi  hutan  dan  memanfaatkannya.
Perladangan  dilakukan  dengan  rotasi  dengan  menetapkan  masa  bera,  dan mereka  mengenal  tabu  sehingga  penggunaan  teknologi  dibatasi  pada teknologi pertanian sederhana dan ramah lingkungan.
-  Masyarakat  Kasepuhan  Pancer  Pangawinan,  Kampung  Dukuh  Jawa  Barat.
Mereka  mengenal  upacara  tradisional,  mitos,  tabu,  sehingga  pemanfaatan hutan  hati-hati.  Tidak  diperbolehkan  eksploitasi  kecuali  atas  ijin  sesepuh adat.
-  Bali dan Lombok, masyarakat mempunyai awig-awig.

C.  Penutup

Kearifan  lokal  dapat  disimpulkan  sebagai  kepribadian,  identitas  kultural masyarakat  yang  berupa  nilai,  norma,  etika,  kepercayaan,  adat-istiadat  dan  aturan khusus  yang  telah  teruju  kemampuannya  sehingga  dapat  bertahan  secara  terus-menerus.  Keari fan  lokal  pada  prinsipnya  benilai  baik  dan  merupakan  keunggulan budaya  masyarakat  setempat  dan  berkaitan  dengan  kondisi  geografis  secara  luas.
Oleh  karena  hakikat  kearifan  lokal  yang  demikian  maka  ia  akan  merefleksikan kondisi budaya Nusantara yang Bhineka Tunggal Ika.
Mahasiswa  akan  lebih  mampu  menjelaskan  dan  mengeksplorasi  kearifan  lokal  Nusantara  bila  mereka  lebih  mengenal  secara  luas  khasanah  budaya Nusantara.  Pengenalan  lebih  lanjut  tentang  lokal  genius  sebagai  local  wisdom dapat  dilakukan  dengan  kajian  pustaka  dan  melakukan  browsing  dengan  fasilitas internet.
Bab  berikutnya  akan  menjelaskan  kekayaan  khasanah  budaya  Nusantara.
Dengan  bahasan  ini  diharapkan  ranah  pembicaraan  tentang  keari fan  lokal  dapat lebih terbuka dan luas.


Artikel / File ini diambil dari www.elisa.ugm.ac.id dimana file ini merupakan karya dari dosen Fakultas Filsafat UGM pengampu materi kuliah Kearifan Lokal oleh Dra. Sartini, M.Hum.

Share this article :
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Materi Kuliah | Fanspage Facebook | Twitter
Copyright © 2013. BIOLOGI - All Rights Reserved
Published by BIOLOG-INDONESIA